Wednesday, 8 Apr 2020

Apa Saja Vitamin Penambah Nafsu Makan untuk Orang Dewasa?

Apa Saja Vitamin Penambah Nafsu Makan untuk Orang Dewasa?

Nafsu makan yang berkurang tidak baik bagi kesehatan karena tubuh akan kekurangan asupan gizi. Tidak hanya terjadi pada anak-anak, orang dewasa pun terkadang mengalami fase tidak berselera menyentuh makanan. Namun, tidak hanya vitamin penambah nafsu makan yang dibutuhkan tetapi penerapan pola makan dan pemilihan jenis makanan yang sehat juga harus dilakukan sebagai penyeimbang.

Beberapa Vitamin Agar Nafsu Makan Bertambah

  1. Ekstrak Temu Lawak

Temu lawak sudah terkenal sebagai bahan alami yang kaya akan manfaat, salah satunya merangsang nafsu makan. Tidak mengherankan apabila temu lawak kerap dimasukkan ke dalam komposisi produk penambah nafsu makan yang banyak dijual di pasaran. Selain itu, temu lawak juga sangat baik untuk menjaga kinerja organ pencernaan agar tetap optimal.

  1. Minyak Ikan

Suplemen untuk membantu mengembalikan nafsu makan adalah minyak ikan. Alasannya, minyak ikan memiliki kandungan omega-3 yang tinggi sehingga efektif sebagai penambah nafsu makan. Manfaat lain dari minyak ikan adalah mengurangi rasa kembung di perut yang kerap menimbulkan begah. Seperti halnya temu lawak, minyak ikan juga sering dikombinasikan dengan bahan lain dalam produk penambah nafsu makan.

  1. Asam Folat

Jenis vitamin ini tidak memberikan efek langsung dalam merangsang nafsu makan, namun tetap memegang peranan penting dalam prosesnya. Asam folat bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Alhasil, dengan proses metabolisme yang baik maka akan berdampak pada peningkatan nafsu makan seseorang. Terlebih lagi, apabila seseorang tersebut mengimbanginya dengan rajin berolahraga walaupun ringan sekalipun.

Tidak Cukup Hanya Vitamin, Perlu Juga Tips Sederhana Agar Membantu Nafsu Makan Kembali

  • Mengonsumsi Camilan yang Sehat

Camilan tidak selalu menyebabkan selera seseorang menjadi menurun untuk memakan hidangan utama. Sepanjang itu adalah camilan yang sehat, maka tidak masalah. Justru akan membantu merangsang nafsu makan yang tadinya berkurang. Jenis camilan yang sehat antara lain pisang, alpukat, yogurt, dan jenis kacang-kacangan. Namun, porsi camilannya tidak boleh terlalu berlebihan agar tidak menambah berat badan.

  • Atur Frekuensi dan Porsi Makan

Konsumsi vitamin sebaiknya diimbangi dengan pola makan yang teratur, terutama dalam hal frekuensi dan besaran porsi. Pola yang dianjurkan adalah mengurangi porsi makan hingga lebih sedikit dibanding porsi pada umumnya dan meningkatkan frekuensi makan 4 hingga 6 kali dalam sehari. Dengan pola yang semacam itu, nafsu makan akan cenderung lebih meningkat.

  • Pilih Menu Makanan yang Disukai

Terkadang, sudah mengonsumsi vitamin namun nafsu makan tidak kunjung bertambah secara signifikan, Mengapa? Alasannya boleh jadi karena menu makanan yang tidak menggugah selera. Oleh sebab itu, pilihlah jenis makanan yang menjadi favorit atau makanan lain yang masuk dalam wishlist. Dengan begitu, selera untuk menyantapnya semakin menggebu. Namun, tetap harus dalam porsi yang secukupnya.

Memanfaatkan vitamin penambah nafsu makan memang dianjurkan agar selera untuk menyantap makanan tidak berkurang terus menerus. Agar hasilnya lebih optimal, vitamin tersebut harus dikombinasikan juga dengan kebiasaan makan yang baik dan menyehatkan. Pemilihan jenis makanan pun harus dipertimbangkan apakah memang sesuai dengan keinginan atau tidak. Dengan begitu, makan akan semakin lahap.

shares