Sunday, 17 Nov 2019

Cara Ampuh Mengatasi Radang Tenggorokan yang Susah Menelan

Cara Ampuh Mengatasi Radang Tenggorokan yang Susah Menelan

Sakit tenggorokan yang parah kadang kala bisa menjadikan lepuhan atau radang tenggorokan menyakitkan. Lepuhan ini menjadikan Anda kesulitan menelan makanan, bahkan meskipun makanan tersebut sudah memiliki tekstur yang halus. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi radang tenggorokan yang susah menelan.

  1. Berkumur dengan Air Garam

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sakit radang pada tenggorokan karena susah menelan adalah dengan berkumur menggunakan larutan air garam. Tujuannya sendiri adalah agar bisa menenangkan sakit pada bagian tenggorokan, sehingga rasa sakit saat menelan bisa berkurang.

Berkumur menggunakan larutan air garam hangat bisa membantu Anda untuk meringankan rasa sakit pada tenggorokan dengan mengurangi serta membersihkan lendir yang mana bisa menyebabkan batuk maupun suara serak jadi lebih buruk.

  1. Mengonsumsi Madu

Madu menjadi salah satu jenis obat tradisional pada dasarnya memang memiliki banyak manfaat dan bisa membantu Anda untuk meredakan untuk penyakit ini. Madu memiliki sifat yang mana dapat menenangkan jaringan teriritasi.

Selain itu madu juga mempunyai sifat anti-mikroba serta anti-inflamasi. Kedua sifat ini bisa membantu mencegah infeksi dari virus. Minum satu sendok teh madu yang mana dicampur dengan dua sendok teh air jeruk jenis nipis pada beberapa jam.

  1. Gunakan Obat Pelega Tenggorokan

Obat pelega untuk tenggorokan dan produk semprotan yang mana dijual dipasaran  memiliki kandungan anestesi ringan, misalnya saja benzocaine atau Cepacol, Chloraseptic) dyclonine atau Sucrets dan fenol encer atau Chloraseptic spray yang mana sudah terbukti benar-benar dapat berfungsi untuk mengatasi radang tenggorokan. Anda pun bisa memilih obat yang paling sesuai.

  1. Mengurangi Konsumsi Makanan dengan Kandungan Asam yang Berlebih

Salah satu kemungkinan yang mana menjadi penyebab dari radang tenggorokan yakni penyakit refluks laringofaring parah. Hal ini terjadi pada saat asam yang ada pada bagian perut bocor ke esofagus. Terkadang hal ini juga membuatnya masuk hingga ke bagian tenggorokan.

Hal ini erat kaitannya dengan refluks asam. Hindari semua jenis makanan yang mana mengandung asam termasuk soda, beberapa minuman berkafein, buah jeruk, tomat, cuka serta anggur. Anda pun juga bisa mengonsumsi obat yang mana disebut dengan proton pump inhibitor (PPIs). Obat tersebut biasanya dijual dengan di pasaran namun sangat dianjurkan untuk konsultasi dengan dokter dulu.

  1. Konsultasi ke Dokter

Selain rasa sakit pada saat akan menelan, radang tenggorokan juga bisa menyebabkan demam serta badan menggigil, sakit kepala, sakit perut dan juga nanah yang ada di bagian amandel atau tenggorokan memerah. Sebaiknya akan konsultasi ke dokter untuk mendapatkan penangan yang paling tepat.

Di atas adalah beberapa cara yang mana dapat Anda gunakan untuk mengatasi radang tenggorokan dan sulit untuk menelan. Kini Anda tidak perlu merasa khawatir lagi akan kesulitan menelan makanan ya!

shares